SELAMAT DATANG DIBLOG TUGAS MATA KULIAH IT +Onwardono Rit Riyanto+

Minggu, 14 April 2013

ARTI LAMBANG KOTA CIREBON


1. PERISAITE
Sebagai pelindung, menggambarkan keadaan yang senantiasa aman, tentram dan sejahtera, sebagaimana ungkapan "Selamat Waluya Rahayu Jati".

2. BINTANG >>Melambangkan keluhuran cita-cita, 9 (sembilan) Bintang melambangkan Walisanga (Babad Cirebon), Bintang bersudut 5, sehingga jika dikalikan dengan 9 (jumlah bintang) menjadi 45 menggambarkan tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Warna binta kemerahan dengan garis pinggir putih sebagai lambang jiwa susila disertai keberanian.
3. P A D I
Melambangkan kesuburan di bidang pangan ; 17 butir padi melambangkan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia ; Warna padi kuning melambangkan jiwa susila.

4. K A P A S
Melambangkan kemakmuran di bidang sandang ; 8 buah kapas melambangkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia ; Warna putih kapas melambangkan jiwa suci, berperilaku adil dan jujur.

5. GUNUNG
Melambangkan keagungan, kebesaran dan keluhuran ; Warna biru muda melambangkan jiwa dan berpandangan luas.

6. GOLOK CABANG
Melambangkan keampuhan dan keteguhan semangat untuk mendobrak kebatilan dan kedholiman ; Warna hitam dengan pamor kuning melambangkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta kesusilaan.

7. L A U T
Laut berwarna biru melambangkan kelapangan dada, berperasaan halus, rendah hati dan berjiwa besar ; 5 (lima) buah gelombang melambkan dinamika semangat masyarakat dalam rangka mengamankan dan mengamalkan Pancasila.
8. GAPURA
Gambar gapura yang tegak, kokoh dan terbuka bersusun 5 sap berwarna merah bata, dengan ; garis-garis putih terletak diantara gunung dan laut melambangkan : Daerah sevagai pusat penyebaran agama Islam dengan 5 rukun Islam-Nya, Daerah yang subur makmur gemah ripah lohjinawi, Ciri khasmasyarakat yang berbudaya tinggi, berjiwa gotong-royong dan kokoh menghadapi tantangan dan rintangan.
Kepribadian masyarakat daerah yang terbuka ramah serta penuh toleransi.

9. P I T A
Semboyan "Rame ing Gawe Suci ing Pamrih" sebagaimana motto kesatria yang giat bekerja keras dengan harapan yang suci ; Warna dasar kuning dibelakangi coklat berati keluhuran budi dan berjiwa susila disertai keberanian ; Warna tulisan hitam melambangkan keteguhan Iman.

0 komentar:

Posting Komentar