SELAMAT DATANG DIBLOG TUGAS MATA KULIAH IT +Onwardono Rit Riyanto+

Kamis, 25 April 2013

KKN IAIN SNJ 2013

Kuliah Kerja Nyata atau sering disebut KKN adalah suatu kegiatan yang harus dileawati semua mahasiswa dikampus manapun. Semua mahasiswa harus mengikuti kegiatan KKN ini dengan harapan mampu membaur dengan masyarakat luas.

KKN tahun ini masih tetap diselenggarakan oleh LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon. LPM ini yang memfasilitasi kegiatan KKN di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Berbeda dengan tahun sebelumnya saat ini LPM meluncurkan jenis KKN menjadi dua yaitu Posdaya dan Tematik. Dua istilah ini yang mungkin membuat bingung sebagaian mahasiswa, Posdaya adalah jenis KKN yang mencangkup semua kegiatan mahasiswa dimasyarakat, seperti  bidang keagamaan, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Pelatihan/workshop semua bidang garapan lainnya yang begitu luas, namun berbeda dengan Tematik yaitu cangkupan bidangnya mempunyai batasan yang sudah ditentukan sehingga mahasiswa menjadi fokus pada garapan bidangnya.

Masih ada lagi perbedaan pelaksanaan KKN tahun 2013 di IAIN Syekh Nurjati ini. Hingga saat ini LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon menargetkan mahasiswa yang mengikuti KKN sekitar diangka 1200 mahasiswa. Kagiatan KKN ini dibentuk menjadi beberapa kelompokdari gabungan mahasiswa dari jurusan lain. Pada tahun 2012 LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon menentukan hingga 17 orang per kelompoknya, berbeda dengan tahun 2013 KKN yang akan diselenggarakan hanya maksimal 10 mahasiswa per kelompoknya. Dimaksudkan agar tidak ada saling ketergantungan anggota kelompok terhadap garapan kegiatan yang akan diselenggarakan. 

Pada tahun 2013 KKN akan dilaksanakan di dua tempat yaitu indramayu dan kabupaten Cirebon utara. Dua tempat diatas adalah masih dalam wacana belum pasti betempat dikeduanya. Untuk mencari penempatan KKN LPM AIN Syekh Nurjati Cirebon harus mengurus perizinan yang begitu lama hingga darah tersebut dapat digunakan sebagai tempat KKN. Pada saat ini LPM berencana menyediakan 120 titik yang akan dijadikan tempat KKN tahun 2013 diantaranya 70 berada di indramayu dan 50 berada dikabupaten Cirebon . namun apabila dikabupaten cirebon tidak bisa akan dialihkan ke indramayu sekitar 20 kecamatan.

KKN yang dijadwalkan mulai 19 Juni 2013 ini diselenggarakan selama 40 hari kerja dan hanya diberikan waktu 2 kali kesemptan untuk pulang ke rumah dan diwajibkan untuk menginap ditempat KKN jika rumahnyapun mash dibilang dekat dari tempat KKN.

Semoga KKN tahun 2013 ini berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah yang baru.

by : 1410150029

Sumber : Bp. Heru Staf LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon

0 komentar:

Posting Komentar